Merbabu, Kamu Yang Selalu Bikin Rindu

11203106_10204323998955888_4414710569926785297_n
Baru aja memulihkan betis dari sisa - sisa lelah ngedaki gunung Ceremai. Peralatan juga belum sempet ada yang dibersihin. Tapi....
Cuma selang 3 hari, Merbabu sudah menunggu.
Yeaaaaaahhhhh... naik gunung lagiiiiiiii. !!!!  *tari kebahagiaan*. :D
Dalam dua minggu dua kali naik gunung, dua kota, dua provinsi. *liburan merdeka banget* :D

Gunung yang jadi tetangganya Merapi ini emang udah lama jadi incaran gue. Incaran? macem mau ngerampok aja ah pake incaran. *ngerampok hati abang maksudnya* :D :P
Kalo gue pas lagi ke rumah Kakek gue, pasti gue selalu lewat jalan yang menampakkan keindahan ni gunung. Jadilah, kaki gue gatel ingin merasakan jalur pendakian gunung yang dikenal dengan bukit sabana cantiknya ini. *Duileeeeh*

13 Mei 2015 - 16 Mei 2015
Seminggu sebelumnya si Galang udah beliin tiket buat kita - kita yang mau ke Merbabu. Ada gue, Galang, Gatot, Iham dan Kakak Niken, serta tidak ketinggalan Sendi. Ditambah Ical dan *duh, gue lupa namanya*. Kali ini Bang Kemal & Bang Roni (teman pendakian bersama ke Rinjani) juga ikutan. Dan nanti di Magelang bakal ada dua orang lagi yaitu Lepet (bukan nama sebenarnya) & Ani yang akan bergabung bersama kita.

Kita naik bus jurusan Solo dari terminal Bekasi. Soalnya kita mau naik via Selo & kalo sempet (baca : kalo kuat) juga sekalian deh ke Merapi. Berangkat dari Sore dan prediksi kita pagi nya sampe. Ya, kayak kalo gue ke rumah Kakek deh, perkiraan di perjalanan cuma 8-10 jam an.

Tapiiiiiii,
Maklum lah ya, namanya juga Pendaki Tanggal Merah, waktu itu tanggal merahnya berderet ada 4, semua orang jadinya liburan, jalanan penuh sama kendaraan sehinggaaaaaaaaaaaaaaa

KENA MACET PARAH. *Huft Huft Huft

Prediksi kita jam 6 pagi udah sampe basecamp Selo atau jam 8 pagi lah paling siang. Nyatanyaaaaaaaaa,, jam setengah 1 an siang bolong kita baru sampe T_T

Memang manusia hanya bisa berencana dan Tuhan lah yang menentukan segalanya. *jadi serius gini*
Pendakian ke merbabu ini terbilang unik. Kenapa gue bisa bilang unik? belom sampe ke basecamp aja kita udah pemanasan. Bener - bener pemanasan. *catet

Kronologinya kayak gini,
Kan kita jadinya naik angkot tuh dari Magelang sampe desa Selo. Jalan dari selo ke basecamp itu nanjak pake banget daaaaaaaaaannn ternyata ANGKOTNYA NGGAK KUAT. Catet : kudu naik pick up ya kawan - kawan

FIX JALAN KAKI. Ya Allah.... kasihani baim Ya Allah.. :( Kaki gue jadi berasa letoy.

Dengan ngos - ngosan berjamaah sampe juga kita di basecamp Merbabu.

Seperti pendakian yang udah - udah, sampe basecamp ngapain lagi lah ya selain makan, touch up - touch up ala pendaki biar tetep kece, packing ulang buat mastiin kenyamanan dalam pendakian, sampe kadang juga basa basi  sama sok akrab ama pendaki - pendaki yang lain. Abis itu...baru deh... mulai jalan :D

11253690_10204323937794359_3616177395002463840_n

1896734_10204323939354398_645193217426535308_n

Biar tambah semangat wefie dulu, yes :D
Memasuki gerbang jalur pendakian Selo kita akan disambut oleh pepohonan pinus dan lamtoro yang sangat sejuk dan bikin adem suasana hati.

Gimana sama trek dan medannya? pada pingin tau yekan??

Dari gerbang sampe Pos 1 (Dok Malang), trek dan medannya masih lumayan. Lumayan nanjak, lumayan miring, lumayan berat (oke, ini keril gue), lumayan panjang, dan lumayan bikin ngos - ngosan. Serba lumayan lah pokoknya. Daripada lumanyun yekan... hihihihi

Okeh, fokus kembali....

Hampir mirip perjalanan dari gerbang ke Pos 1, perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2 (Pandean) juga masih nanjak - nanjak tanggung, tapi kalo ke Pos 2 ini jalannya jadi lebih panjang. E tapi ada satu tanjakan terjal juga ding, tanjakan terberat menuju pos 2.

Lanjut ke Pos 3 (Watu Tulis), jalan udah mulai terbuka alias bukan pepohonan rindang lagi. Tanjakan terjal mulai bermunculan, langkah mulai gontai, dan hati jadi semakin rapuh *ngenes*. Kalo udah begini gue harus ngaso, dan setelah satu tanjakan terjal terlewati, badan gue tundukkan kemudian nengok ke arah kiri.....
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
Masha Allah......!!!!
View Merapi dengan latar senja.... *mata lope lope*

11168157_10204323947634605_7303727975995144945_n

Ini beneran doping sejati. Capek gue langsung hilang seketika dan udah tau dong ya,,, yang akan gue lakuin selanjutnya adalaaaaaaaaaaaaahhhh.... FOTO SELFIE . Biasa banget kan...

Bosen bergaya dengan latar senja di Merapi, perjalanan lanjut kembali. Rencananya kita mau ngecamp di Sabana 3 supaya lebih deket ke Puncak. Tapi,,, trek nya bener - bener deh ini... kalo gue si masih bisa maksain kuat, namun dua kakak - kakak cantik di belakang gue sepertinya sudah lelah sekali :( dan kayaknya kudu istirahat.

Bener aja kan...pas sampe Sabana 1 angin mulai berhembus kencaaaaaaaaaaaaaaannngg, dingin tak terelakaan, langit gelap, matahari tenggelam, satu- per satu teman - teman kita sampai dan kelelahan, lalu gue,,,

gue kebelet pipis *tetep

Akhirnya Bang Kemal menyarankan untuk nge camp di Sabana 1 aja soalnya kondisi nya udah nggak kondusif kalo mau lanjut juga. Pas gue mengalihkan pandangan ke jalan menuju Sabana 2, Mana pula itu trek terjalnya Subhanalloh *ngelus dengkul*

Yaudah kita ngecamp di Sabana 1. Angin masih berhembus kencang dan rintik - rintik hujan mulai turun. Pasti deh tiap naik gunung gue selalu ngerasain hujan, nggak pernah nggak ada hujan. Kan jadi baper ye kalo hujan :P

Ujung - ujungnya bobo manis di tenda. Pas lagi asik - asik tidur, tenda sebelah sedang ramai oleh curhatan. Siapa lagi kalo bukan Bang Roni........kikikiki

Ini orang kalo udah curhat lupa segalanya... hihihi *piss bang

Eniwei...sampai di pagi hari masih tetep hujan.

Kira - kira jam 8 an deh hujan mulai reda dan matahari mulai menampakkan wajahnya. Yeaaaaaahhh... bagai anak marmut yang terjebak lama di dalem tenda, gue keluar sambil melonjak - lonjak kegirangan. Bukit - bukit sabana cantik terhampar luas. Ini bener - bener indah banget.

Andaikan aja tadi malem nggak hujan dan nggak ada angin kenceng, pasti udah pecicilan gue main di bukit - bukit indang.... *yuuk mari

Lalu kita melanjutkan perjalanan menuju puncak Kentheng Songo. Bener banget itu pas ngelewatin tanjakan terjal menuju ke Sabana 2 yang kemiringannya hampir 90 derajat, dengkul gue haru di elus. Istighfar tiap langkah dan pas sampe di puncak bukit, gue langsung kepikiran ini turunnya gimanaaaaaaaaaaaaaaaaa T_T

Sayang sekali Merapi di seberang sana nggak kelihatan soalnya kabut sedang heboh - hebohnya menutupi.

Merbabu emang bener - bener ya. Nggak tau lagi lah pake kalimat apa gue mengungkapkannya. Bukit Sabana nya indaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhh bambaaaaaannnnggggg. Cantttttttttttttiiiiiiiikkkk.....
Rinduuuuuu... bener - bener bikin rindu pengen balik kesini lagi pokoknya.
Pokoknya bener - bener deh ini Merbabu,,,,, gawaaaaaaaaaaaaaaaattt

O iya kan tadi baru sampe Sabana 2 kan ya, kabut masih saja mengiringi perjalanan kita. Terus kita berjalan turun, terus naik lagi ke Sabana 3 terus turun lagi, naik lagi daaaaaaaaaaaaaannn,, beberapa langkah lagi menuju Puncak Kentheng Songo...

Dalam benak gue, sampai di Puncak gue mau sujud  syukur, momen yang memang sangat gue nanti - nantikan. Selangkah demi langkah gue paksakan kaki ini demi menuju Puncak. Gue berbelok, daaaaaaaaaaaaannnn waaaaaaaaaaaaaaaaawwwwwwwwwww ,,,, banyak orang *lemes*

kesel

bete

sebel

Suasana puncak udah kayak di Pasar....... Rame Membahana.........
Huft Huft Huft

Gue jadi enggak terharu sama sekali. Suweeeeeeeeeeeeeerrr rame be ge te. Mau foto aja suseh bener. Kudu gantian macem lagi di studio foto. Sampe - sampe tuh gue lupa kalo di puncak Kentheng Songo ini ada batu bolong yang di anggep keramat. Kayaknya si di dudukin sama pendaki - pendaki yang lagi pada ngaso deh,, makanya nggak keliyatan sama gue. Padahal kan mau gue foto T_T
Nasib emang deh jadi Pendaki Setiap Tanggal Merah. :(

Puyeng gegara kebanyakan orang di Kentheng Songo, gue pindah ke puncak Triangulasi. Disini nggak begitu rame, cuma ada beberapa orang doang dan gue bisa foto dengan khidmat disini. Selesai foto, lanjut turun balik ke camp lagi.

Persis dugaan gue,, giliran turunnya sekarang yang rempong. Perosotan perosotan deh. Sesekali lari - lari, tapi nggak lari dari kenyataan loh ya *ehem
Sembari turun balik lagi ke Sabana 2 nggak lupa foto - foto dulu dengan latar Merapi. Kebayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaarrrrr

Sampe di camp kita makan bentar abis itu packing dan siap turun lagi sampe ke basecamp Selo. Rencananya kalo kuat, mau lanjut ke Merapi. Tapi apa daya udah mager, jadinya nginep semalam di basecamp dan setelah itu pulang kembali ke rumah masing - masing  :)

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAA..... sampe rumah gue masih kebayang cantiknya Bukit Sabana Merbabu..

Suweeeeeeeeeerrrrr bikin rindu bangeeeeettttt... bangeeeeeeeeeeeeettttttt...