Menggapai Mimpi Puncak Rinjani

DSC_0246

"Itu puncaknya mba ???", tanya gue saat ngeliyat bukit mirip puncak. Dan nggak ada lagi bukit dibelakangnya.
"Kayaknya iya tuh...", jawab Mba Mawar.

Baru aja gue mau mengucap syukur,
Kabut pun perlahan menghilang, dan menghadirkan bayangan bukit yang lebih tinggi lagi di belakang bukit yang barusan kami lihat. Gue cuma bisa liyat2an sama si Mawar.
Omaigaaaaaaaaaaaatttt,, kena php lagi kan... *dengkul lemes*

Ceritanya waktu kuliah dulu gue buat aplikasi mobile info pariwisata. *gayalah bikin aplikasi*
Biasa, tugas kuliah, jadi kudu dikerjain walopun susyeh syekali. Karena pingin bikin yang antimainstream, gue milih jenis pariwisata yang nggak biasanya. Kalo temen - temen gue milih pariwisata pekotaan, entah dapet wangsit darimana gue milih Taman Nasional Gunung Rinjani. Padahal waktu itu gue nggak hobi naik gunung.

Selama gue bikin aplikasi, saban hari gue browsing tentang ni Gunung sampe ke akar - akarnya. *akar gunung? entahlah -_-* . Macem orang yang lagi jatuh cinta gue terus sibuk stalking.
Persis kayak orang pedekate, semakin gue mengenal gunung ini, semakin dalam lah rasa suka gue ama ni gunung. *cailah*. Gue punya mimpi kalo entah kapanpun itu gue harus bisa nginjekkin kaki gue di puncak gunung ini.

Waktupun berlalu aplikasi gue kelar, gue lulus, dan gue melanjutkan hidup.
Tapi mimpi gue berdiri di Puncak Dewi Anjani masih tetap ada.

Emang kalo rezeki anak sholeha mah nggak kemana ya... akhir tahun 2014 kemaren gue dapet kesempatan buat ngewujudin mimpi gue itu. Komunitas pecinta alam se Bekasi atau disingkat K'pala Besi ngadain pendakian ke Gunung Rinjani Desember kemarin.

Nggak pake mikir panjang kali lebar, gue daftar ikut. Walopun belum kenal - kenal amat sama orang - orang di komunitas ini, gue pe de. Yang penting kita sesama orang Bekasi, dan biar nggak cupu banget sendirian, gue menghasut Sendi dan Galang buat ikut berkolaborasi.
Anyway, terimakasih banget buat Bang Wildan dkk yang udah mau repot2 mengadakan acara pendakian ini. :)

Gunung ini emang letaknya jauh banget, jauuuuhh di Indonesia Timur, kakak - kakak. Udah gitu yekan, gunung api tertinggi kedua di Indonesia. 3726 mdpl.

Mana gue baru dua kali naik gunung. Itu juga yang ada di Jawa Barat, propinsi sehari - hari gue idup. Tapi, pendakian terakhir gue bukan sembarang gunung yang gue daki. Karena sebelumnya (bisa dianggep latihan lah ya) gue naik gunung Ciremai, yang notabane nya gunung tertinggi di Jabar, gue semakin pe de manyambangi Rinjani. *rada sombong ya* , *timpuk petasan*

Ada sebersit ragu di hati, apakah gue bisa mencapai Puncak Dewi Anjani? . Kan rugi dong ya, udin jauh - jauh ke Nusa Tenggara Barat, dari Indonesia Barat ke Timur, perjuangan di perjalanan, tapi nggak bisa sampe puncak. Bull shit lah kalo gue bilang "Puncak Bukan Tujuan".

Cuma emang, untuk menggapai puncak, nggak bisa dengan hati sombong dan jemawa. Tetap melangkah dengan tunduk serta rendah hati. Ya nggak, ya nggak..

Oke, buat bisa menggapai puncak Dewi Anjani yang cantik dan baik hati, gue prepare semaksimal mungkin. Olahraga cukup, latihan fisik, dan makan berlebihan *tetep*.

Semangat banget gue rasanya, dan ada semangat lain di pendakian ini. Semangat Spesial yang datang tiba - tiba dan nggak pernah gue duga.

26 Desember 2014.

Hari keberangkatan yang udah gue tunggu - tunggu.
Jadi, transportasi yang kita pake untuk sampai ke Lombok adalah kereta api, bus, dan kapal laut. Bayangkan, dari Barat ke Timur kita backpackeran, no pesawat - pesawatan.

Belom ngedaki aja udah perjuangan, yes. Malah bersyukur si, makna perjalanannya jadi lebih kerasa.
Diawali dari naik kereta dari stasiun Senen menuju Pasar Turi, Surabaya. Jam 13.00 waktu Indonesia Barat. Estimasi waktu perjalanan sekitar 12 jam. Naik kereta api tut..tut..tut siapa hendak turut..... ke Bandung, Surabaya... *belom sampe, masih di Senen*.

DSC_0006

Sekitar jam 2 pagi, kita sampe di stasiun Pasar Turi. Kondisi alam hujan, dingin, dan mengundang kegalauan.

Disana udah ada bus standby yang emang udah di sewa sebelumnya. Terus nggak pake banyak drama, kita cus lanjut menuju pelabuhan Banyuwangi. Gue kira dari Surabaya ke Banyuwangi sebentar gitu, kaga tau nya sama aja, kek dari Jakarta ke Surabaya. 10 jam meeenn, beda dua jam doang.

Agak bete nih selama perjalanan naik bus, berasa lama dan badan udah berasa lengket. Pengen mandi ya Allah.... hiekz.

Setelah 10 jam lamanya, sampe juga di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Lanjut lagi kita naik kapal penyebrangan ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Selama satu jam menikmati angin laut, bergoyang - goyang. Karna baru pertama kali kesini, gue norak abis. Dari sebelum naik kapal aja, udah norak selfie - selfi. Pemandangannya itu lho,,,, cantiknya keterlaluan. Nggak bisa kalo nggak diabadikan.

DSC_0016

DSC_0014

DSC_0039

Sampe juga di Bali.
Bali meeennn Baliiiiiii.... Lewat doang yes...

Terus lanjut lagi naik bus menuju Pelabuhan Padang Bai, buat nyebrang lagi ke Lombok. Selama perjalanan ke Padang Bai ini, kita ngelewatin kota di Bali. Hmm.. Bali emang beda suasananya. Pura - pura dimana - mana. Sempet gitu kita ngelewatin patung entah Raja / Pendekar siapa lagi naik kereta kuda, yang pasti bagus buat difoto. Itu mirip kek taman kota dan disitu ada upacara gitu, rame abis mirip bazaar Ramadhan kalo udah mau maghrib.

DSC_0048

Nyampe di Padang Bai sekitar jam 7 malem, dan kita langsung lanjut lagi naik kapal penyebrangan ke Pelabuhan Lombok. 5 jam kita akan mengarungi lautan, terombang ambing, asal jangan terombang ambing cintamu aja ya Bang, #eh

Karena penyebrangan yang sekarang lama, gue nyari posisi enak buat rebahan. Gue milih gelongsoran di luar kapal, sambil menikmati indahnya langit malam yang tidak bertabur bintang. Sukses banget udah nyiptain suasana galau. Semilir angin malem dan suara air laut nambah suasana kian galau. Mata gue mulai terpejam, gue ingin memimpikan orang yang ingin gue impikan (kebanyakan kata mimpi kah? ah, whatever). Padahal sik orangnya nggak jauh dari pandangan, sebenernya.

Mata gue mulai terpejam sambil memikirkan orang itu, sesekali gue pandangi bintang di langit, masih nggak percaya bisa ada disini bareng dia. *jadi mellow gini sik*.
Baru aja beberapa menit galau - galauan,, tiba - tiba aja...................

bersambung..

Comments