Waktu Saya Pertama Kali Naik Gunung..

Bagi gue sebuah hobi hampir mirip sama hidayah. Datengnya nggak bisa di prediksi dan kadang - kadang malah sesuatu yang bisa ngerubah pola pikir. Hobi identik sama hal - hal baru. Karena udah jadi kodrat manusia bosen sama hal - hal yang udah dianggep biasa.

Contohnya, ada orang yang masa kecilnya suka mancing, pas udah gede belom tentu dia suka mancing. Kalo gue sih dari kecil sampe gede nggak bosen -bosen mancing. Mancing emosi orang ... 😁#nahloh

Dan gue pun merasakan hal yang sama. Zaman sekolah gue hobi bela diri, dari mulai ikut turnamen sampe latihan yang bikin laper gue jabanin dengan khidmat. Pas udah lulus, gue mulai ngerasa bosen dan pingin nyoba hal - hal baru. Nggak pernah kepikir sih tentang naik gunung, gue malah mikir mau nyoba dunia modelling. Tapi buru - buru gue urungkan karena body gue jauh dari kata semampai dan cara jalan gue juga nggak masuk kategori feminin.

Sampe pada akhirnya di tahun 2014 muncul film fenomenal se Indonesia tentang pendakian sebuah gunung. Sebenernya sih gue nonton because of the actor is so handsome. Tapi pas liyat pemandangan di gunung itu keterlaluan bagusnya, gue kok jadi latah ya. Tiba - tiba kebelet naik gunung.

Bagai gayung bersambut, pucuk dicinta ulam tiba.... hasrat gue kebelet naik gunung pun akhirnya di dengar Tuhan. Tiba - tiba tetangga gue si Ikbal anaknya Pak Sohar, ngajakin gue naik gunung. Kebeneran pas gue pulang latihan lewat tempat nongkrong anak - anak komplek gitu, gue dipanggil si Ikbal dan dia nawarin ke gunung Gede.

Hmmm,,, boljug nih pikir gue. Yaudah, akhirnya gue meminta izin si emak dan si babeh terus langsung cus cari peralatan mendaki.

Sebagai modal awal, peralatan ngedaki yang gue punya (baca : sanggup beli) adalah keril, sleeping bag, dan head lamp. Karena kondisi dompet yang tidak stabil ditambah harga peralatan mendaki yang bikin miskin seketika, gue cuma bisa bermodalkan peralatan seadanya. Sepatu gue pake sepatu kets, cuma untungnya alasnya bergelombang gitu, mirip sepatu hiking. Jaket juga nggak tebel-tebel banget, pokoknya masih cupu gitu deh. Sampe sekarang juga cupu sih,,, 😂

Gue berangkat di bulan Mei 2014. Kebetulan waktu itu lagi libur kerja karena ada tanggal merah berderet. Selain si Ikbal, ada juga anak komplek yang lainnya yang ikut. Gue belum akrab sama mereka cuma kenal muka doang. Maklum, gue kan anak rumahan....

Makanya pas di perjalanan gue diem aja sambil sesekali mengakrabkan diri. Itu pertama kali juga gue pergi bareng orang - orang yang nggak gue kenal - kenal banget. Anak bawang, belom boleh banyak bertingkah,,

Jadi, awal - awal sih sempet awkward gitu. Gue kasih tau ye, jurus pertama berkumpul dengan orang - orang baru adalah ikutan mereka ketawa. Jadi, biar akrab ikrib, tiap mereka ketawa gue juga ketawa, walopun gue nggak tau apa yang mereka ketawain...😅 biar nggak canggung - canggung banget gitu...

Karena berangkatnya siang, dan Bekasi - Cibodas makan waktu 7 jam (pake macet), malemnya kita baru sampe di Cibodas. Yupz, pendakian gunung Gede ini dimulai dari jalur Cibodas. Dan rencananya turunnya lewat Gunung Putri.

Awalnya gue kira bakalan langsung ngedaki gitu, gue udah siap - siap ajakan bawa head lamp bakalan trekking malem. Tapi Ya Allah, dingin bangeeeettttt, berasa di Swiss (yaiyalaahhh bawah gunung pisan etaaaaaaaa) *masih norak*. Kayaknya nggak kuat deh kalo jalan malem-malem gini.

Pas gue tanya sama ketua rombongan yaitu Si Ikbal anak Pak Sohar,  ternyata kita ngedakinya besok. Malem ini tidur dulu di warung - warung makan yang ada di sini.

Warung - warung makan itu lumayan lengkap nyediain fasilitas buat pendaki. Dari mulai kamar mandi, makanan (ya iyalah namanya aja warung makan), kasur, selimut, sampe ruang sholat. Tv juga ada lho. Bikin mager sih jadinya,,, kayak dirumah.

Karena kita mulai ngedakinya pagi, jadi malemnya gue putuskan tidur bersama Kakak Niken. Nggak bisa tidur juga sih sebenernya karena dingin parah. Genk cowok - cowok memilih bergadang soalnya mereka mau nonton Final Liga Champions. Gue mau nonton males soalnya bukan Milan yang main.

Dan paginya, kita langsung start ngedaki. Sebelumnya kita registrasi dulu di basecamp TNGGP sambil nyerahin SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi).

Kesan awal gue ngedaki gunung Gede adalah dingin. Belom muncak aja dingin, kakak... sedingin sikapmu padaku... *lah.

Awal - awal treknya tangga gitu, bikin cepet lemes dengkul. Fisik gue udah jor - joran dimari. Nyesel gue udah jarang latihan fisik, jadi lelah banget naik-naik tangga begini. Dikit - dikit gue berhenti. Untungnyaaaaaaaaa, teman - teman gue yang boleh dibilang baru ini baik - baik semua. Mereka dengan sabar nungguin gue, si Anak Bawang yang baru pertama kali naik gunung. Selain gue ada sih yang baru juga, namanya Kakak Niken. Kita cuma berdua cewek di genks naik gunung ini.

Alhamdulillah ya, pas udah beberapa mdpl, baru deh nemu trek tanah berakar yang menurut gue jauh lebih nyaman. Nyaman buat dengkul maksudnya. Tapi tetep ya, trek menjulang ke atas, dengan kemiringan 60 derajat, 45, malah ada yang 30 derajat. Ya iyalah, namanya juga naik gunung. *ngelap keringet*

Serunya lewat Cibodas adalah ngelewatin air terjun panas. Emang di Cibodas itu kan ada pemandian air panas yes, nah kalo pendaki ngelewatin tempat alirannya. Masya Allah, indah banget, gue baru banget liyat yang kek begini. Lewat air terjun panas jadi berasa anget. Pingin deh main air dulu disitu. Kalo lagi lupa diri, mungkin gue udah nyebur aja kali. Cuma kan kudu jaga kelakuan yes kalo di gunung. 😇

Abis ngelewatin air terjun air panas , tereknya kembali ke akar - akar gitu. Setapak demi setapak kita ngedaki, lelahnya banget - banget, hari udah mulai sore, tambah dingin. Serba salah jadinya, kalo nggak berhenti capek, kalo berhenti dingin. Gue yang baru pertama kali ngerasain begini sempet rada- rada emosi. Hadeuh, mending juga dirumah, makan indomie :D

Dan dengan izin Yang Maha Kuasa akhirnya kita sampe juga di puncak gunung Gede jam 17.30 waktu Indonesia bagian Puncak Gunung Gede. Gue terharu, girang, seneng, gegap gempita, sujud syukur dan tetep kedinginan. Ya Allah, gue sampe di puncak. Dan akhirnya norak - norak an.

Walopun dingin, foto - foto tetep harus...

Puas foto - foto di puncak, kita turun ke alun - alun Surya Kencana buat ngecamp. Bukan puas sih, cuma udah amat kedinginan aja dan laper.

Surya Kencana itu padang edelweiss yang emang sering dijadiin tempat ngecamp para pendaki. Buat ke Surya Kencana, mesti turun lagi lumayan jauh. Mana udah mulai gelap, angin tambah was wis wus, bikin meriang badan. Kaki? jangan ditanya, mereka udah pada ngejerit minta istirahat.

Di gelapnya malam, gue paksain kaki gue yang udah setengah kaku buat jalan. Pikiran cuma pingin cepet sampe di Surya Kencana, gelar tenda, terus bobo manis deh...

Tapi, namanya juga pendakian malam. Ada aja ceritanya. Kita nyasar karena udah sekian lama jalan, tapi Surya Kencana belum juga kelihatan. Gue jadi takut, masa iya sih, pendakian perdana gue diwarnai dengan tersesat di hutan. Gue sibuk komat  - kamit berdoa biar selamat. Rasanya pingin nangis, tapi tengsin kali. Masa udah besar nangis, malu dong sama kucing.

Gue nggak berani melihat sekitar, pandangan gue lurus ke depan ke teman - teman. Asli, akika takut bo, kalo tiba- tiba ada yang nongol macem Si Geulis gitu.. bisa tambah repot kan..

Udah gitu salah satu temen kita kaki nya keram. Omaigaat beneran kasihan. Untung gue bawa pereda keram, jadi sedikit ngebantu. Kita putusin buat berhenti sebentar sambil nunggu Galang & Ikbal nyari jalan.

Sambil duduk gue sempet mikir, ternyata naik gunung itu bukan cuma seneng - seneng doang ya, naik gunung itu sama aja nyari kesusahan. Pelajaran mental banget nih. Sambil tetep komat - kamit gue ngobrol sama Kakak Niken biar nggak bengong. Masih aja gue takut kalo tiba - tiba ada Si Geulis nongol.

Nggak lama, Galang & Ikbal balik dan bawa kabar gembira. Dikit lagi kita sampe kata mereka. Cuma emang kita salah ambil belokan aja.

Akhirnya kita terusin jalan pelan - pelan. Bener - bener kudu sabar.

Dan akhirnya gue kebelet pipis.

Ih, nyebelin banget kebelet saat - saat genting kek begini. Sebenernya gue takut. Kan nggak lucu gegara pipis sembarangan, ntar ada apa - apa. Misalnya gue digondol gitu. Amit - amit dah. Tapi kata Galang nggak apa - apa si sambil bismillah aja. Akhirnya gue menunaikan pipis di deket pohon dan semak - semak sambil permisi - permisi dan baca bismillah.

Udah terbebas dari kebelet, jalan jadi agak ringan. Dan nggak lama sampe juga kita di Surya Kencana.

Surya Kencana malam itu indah. Banyak bintang bertebaran. Gue jadi tau, ini dia yang namanya hotel seribu bintang (baca : tenda).

Nggak pake lama, kita langsung ngegelar tenda. Pas udah malem udara di Gunung Gede bener - bener bisa bikin gue beku. Pinginnya si di luar tenda sambil nikmatin milky way tapi apa daya badan gue kaga kuat sama dinginnya. Jadilah, masuk tenda bareng Kakak Niken, terus bobo dengan sangat manisnya. Berasa kayak di rumah nenek, nyenyak sampe pagi.

Kalo yang cowok - cowok lagi pada heboh masak dipimpin oleh koki Galang.

Pas bangun pagi - paginya...

Hamparan Edelweiss,,,
mata gue norak membelalak liyat hamparan Edelweiss.. Jejingkrakan gue keluar tenda terus jalan - jalan muterin Surya Kencana. Luas banget ini wilayah, dibikin perkampungan bisa jadi 10 RT 3 Kelurahan kayaknya.

Abis norak - norak an di alun alun surya kencana (tanpa metik edelweiss tentunya), kita balik ke tenda terus makan siang, dan lanjut turun lewat jalur gunung Putri.

Kalo jalur Gunung Putri, treknya semua tanah berakar, hutan hujan banget. Dan yang gue inget disitu kita lewat yang namanya Jalur Buntut Lutung. Treknya panjang bagaikan buntut Lutung, tapi si gue nggak ngeliyat lutung samasekali disitu. Padahal kan kalo ada mau foto bareng, siapa tau dia Lutung Kasarung yang notabane nya adalah Pangeran Tampan terus ternyata gue Purbasari. *ngehayal*

Sebenernya si gue ngerasa ada aura mistis di jalur itu, tapi demi menjaga keselamatan sampai dibawah *amit - amit gue nggak mau ketemu si Geulis dan teman - temanya*, gue tetap berpikiran positif. Mungkin karena turun, perjalanan kita jauh lebih cepet. Gue aja berasa pingin main perosotan deh. Kita jadi nggak sering - sering istirahat.

Pendakian perdana ini ngasih banyak pelajaran buat gue. Walaupun gue cengap - cengap di sepanjang perjalanan, hampir beberapa kali gue ingin nyerah. Untunglah teman - teman selalu memberi semangat *thank you, guys*.

Tapi sempet ya si Ikbal kan nyerocos mulu bilang kalo di depan udah puncak lah, setengah jam lagi lah, maksudnya sih memotivasi gue tapi entah kenapa gue berasa kesel, karena udah gue berasa nggak nyampe2, si Ikbal nyerocos ngasih harapan palsu. :D *piss Kakak Ikbal*. Tapi alhamdulillah, gue sampe puncak juga.

Gue langsung sujud syukur pas udah sampe puncak. Pinginnya sih sambil meneteskan air mata haru, tapi sayangnya air mata gue belagu nggak mau keluar *mungkin dia tidak kuat udara dingin* :D

Pulang dari sana beberapa orang menanyai gue apakah gue kapok? jawabannya Tentu Tidak.  Justru dari sanalah gue mulai ketagihan. Naik gunung ibarat pake narkoba, bikin nagih apalagi kalo udah sakaw.